Sabtu, 14 Maret 2020

Prediksiku

Mengenai apa dan apa

newbie sharing tentang SEO 
Cara Bikin Blog Dengan SEO yang Butuh Waktu Lama dan Tanpa Backlink

Perjalanan mencari cara SEO ini dimulai dari tahun 2014 awal, dimana ane mulai tertarik dengan dunia blogging.
dan ... cara menggunakan SEO dari dulu gitu-gitu aja, cuma memang yang membedakan adalah pengketatan dari Google.
Dengan kondisi demikian ane menganggap :
Google adalah perpustakaan yang merekomendasikan tulisan, produk, resep, event, dan hal-hal yang paling relevan untuk pengguna. Sedangkan blogger adalah pengarang lepas yang dapat menyediakan informasi yang berkaitan melalui blognya
maka dari sisi ini-lah ane memandang dengan statement seperti ini :

jika artikel saya adalah yang paling relevan maka saya artikel saya akan masuk ke daftar rekomendasi teratas
jika artikel saya memenuhi syarat menjadi pemenang maka saya akan menang di SERP
Maka dari itu saya mencoba bertanya kebanyak orang apa sih syarat masuk pageone?

artikel berkualitas
on-page yang baik
off-page yang rekomended
struktur HTML yang baik
Artikel berkualitas

dari hal tersebut, ane masih merasa kalo itu abu-abu, masih enggak ngerti dan gimana caranya, sampai ane ketemu blog yang selalu pageone di keyword yang dia incar waktu itu, yang akhirnya ane mikir

waduh edan juga ya nyerobot banyak banget keyword, dan rahasia artikel berkualitas itu ternyata juga gak jauh beda dengan buku-buku perpus, yang lengkap, berisi dan berbobot.

secara tidak sadar ane akhirnya menyimpulkan :

harus informatif dan sesuai kebutuhan
SPOK dan tata-bahasanya bagus dan dapat dimengerti
tidak bertele-tele, yang butuh penjelasan dibuat sebaik mungkin
menghindari kata yang tidak umum, dan penulisan kata yang salah

dan ane lakukan itu akhirnya mulai untuk memperbaiki tuiisan yang amburadul bin lucu (karena gak nyambung hehehe)

pada suatu titik ane mendapatkan informasi tambahan tentang Search intent, dan ini menjawab pertanyaan tentang "bagaimana menentukan tulisan yang dibutuhkan pengguna?"

jadi gini, secara prakteknya begini, kalo ane ketik kata kunci "cat" maka search intent dari kata kunci tersebut adalah kebutuhan pengguna yang mencari gambar, coba deh di-googling, yang keluar kemungkinan hasil pencarian gambar rumah atau kamar dengan cat-cat ciamik.

atau kalo nulis kata kunci "jam tangan" yang keluar hasil pencarian produk jam tangan dari olshop-olshop terkemuka.

jadi market blogger yang bermodal tulisan saya kira adalah search intent informative, atau kata-kata kunci yang bermaksudkan untuk memberikan info.

karena sekalian ane tadi buka keyword planner ane nemu 3 kata kunci potensial untuk blogger kaya ane ini, yaitu:

jodoh
bunga
budaya

turunannya banyak, pesaingnya dikit, jadi digass kayaknya poll.

kenapa gak ane pake aja buat blog? ane ngurus 2 aja udah berat karena ane newbie, beneran deh, kalo ada modal udah ane gas.

on-page

lalu, ane pindah lah nyari ilmu, on-page yang ternyata memang begitu-begitu aja kok, yaitu :

struk tur artikel H1, H2, H3
internal link 
dan link ke luar yang kontekstual dengan artikel
masa gitu aja? iya gitu aja kok, tapi ...

yang membedakan saya punya prespektif kalo google itu layaknya perpustakaan, jadi ane buat blog itu kaya buat buku, antara 1 artikel dengan artikel lain berkaitan.

jadi kalo ada yang butuh info lanjutan dia nyari di blog ane juga, contohnya bunga:

perkenalan bunga begonia, macam-macam, dan warnanya
cara merawat bunga begonia (perawatan rutin dan kebutuhannya)
pupuk yang membuat bunga begonia tampak lebih cantik
menata bunga bengonia agar mempercantik halaman
dsb ...
tujuan ane agar, blog ane dapet otoritas tersendiri untuk bidang tersebut dan secara ekonomis lebih baik di kantong, seperti jualan bibit bunga begonia, konsultasi perawatan, dan jual aksesoris, selain adsense ya.

off-page

karena ane gak pake backlink, dan gak tau cara bikin pbn, atau web 2.0 ane jarang pake backlink, paling cuma pake

fanspae
instagram
google bisnis
dan pinterst

Struktur html 

Ane langsung aja pake template yang disediain free, jadi ane jarang musingin hal-hal tentang struktur HTML yang ada diblog ane, asal template tersebut:

valid SEO articels dan blogpost
valid SEO image
enggak nulled
dibuat oleh yang terpercaya
dan support HTML 5 + CSS3

walaupun menurut ane template adalah hal yang penting karena dalam pengindex-an pertama akan mencari page-seed terbaik blog, ane lebih baik memakai template dengan kriteria seperti itu, karena :

berikan pekerjaan kepada ahlinya, jika tidak tunggu kehancurannya

dan cara kayak gini enggak instan dan butuh waktu yang lama, jadi waktu buat blog kayak gitu ane butuh 1 tahun agar bisa di page one terus.

edisi curhat aja, dulu blog ane kata bijak, saingannya situs jagoankata, katabijaks, dll, karena suatu hal yang membuat ane serakah, akhirnya ditendang oleh google

terkait pv/visitor bisa beli bakso 1 mangkok lah hehehe

semua indah pada waktunya, yang blognya masih sedikit pengunjungnya jangan berkecil hati, masih banyak keyword bertebaran yang jarang diexplore kok.


jangan melulu tentang blogging, karena cpcnya setau ane lumayan buat beli permen 1 biji.


akhir kata, kalo ada yang butuh penulisan artikel bisa diorder lewat PM, profil saya asli kok, terima kasih

salam hangat dari newbie


Tidak ada komentar:

Posting Komentar